5 Tips Upgrade Kepribadian Saat Ramadhan, Nomor 3 Gampang Banget

5 Tips Upgrade Kepribadian Saat Ramadhan, Nomor 3 Gampang Banget

Gak kerasa ya kita udah ketemu bulan Ramadhan lagi. Kaum muslim di dunia pasti seneng banget bisa ketemu bulan suci ini lagi, termasuk kamu juga kan?

 

Seperti dikutip dari Republika.co.id, wajar banget kalo kaum muslim ngerasa kangen sama Ramadhan, karena suasana kayak gitu datengnya cuma setahun sekali. Ibarat ngejalananin LDR yang cukup lama, sekalinya ketemu, rasanya seneng banget. Gitu juga dengan Ramadhan, ia ibarat kekasih buat orang beriman.

 

Nah, mumpung lagi bulan Ramadhan, ada baiknya kamu introspeksi dan upgrade kepribadian dulu biar ibadahnya makin berkah. Buat yang kepo apa aja caranya, Yoli Hemdi, penulis buku Inilah Curhatku, Ya Allah! ngasih 5 tipsnya nih:

 

1.Tobat

Taubat

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah tobat. Tiap orang yang pengen meningkatkan kualitas hidup, harus melalui fase tobat terlebih dahulu. Menurut Syeikh Mutawalli Sya’wari, tobat artinya menyesali perbuatan yang dilakukan pada masa lalu, menjauhinya pada masa kini, dan bertekad enggak mengulanginya.

Penyesalan atas dosa-dosa yang pernah dilakukan bakal bikin kamu makin taat sama Allah.

 

 

2.Tazkiyatun Nafs

Tazkiyatun Nafs artinya membersihkan hati dari noda-noda dosa. Kayak kotoran, dosa juga menyisakan noda-noda di hati. Muhammad Abdul Qadir Abu Faris pernah bilang, Tazkiyatun Nafs itu sebuah terapi biar jiwa kembali jadi bersih dan suci dari segala kesalahan dan dosa.

Allah akan mengabulkan keinginan dan doa hamba-Nya yang selalu membersihkan jiwa.

 

3.Beramal Baik

Setelah jiwa dibersihkan, jangan dibiarkan kosong gitu aja, tapi harus cepet diisi dengan perbuatan baik.  Tiap amalan baik bakal membangkitkan semangat kamu biar istiqamah jadi pribadi yang lebih baik.

Beramal baik itu banyak banget jenisnya, misalnya ikut beresin pekerjaan rumah, bagi-bagi buku ke orang yang membutuhkan, atau nraktir admin tiap hari. Hehehe

 

4.Bergaul di Lingkungan Saleh

img: instagram.com/arafahrianti

Dunia ini banyak banget godaannya. Sikap istiqamah kamu bisa goyah kalo godaan maksiat terus berkeliaran di sekitar. Makanya, harus rajin bergaul di lingkungan orang-orang saleh, karena itu bakal ngebantu banget dalam proses memperbaiki diri.

 

5.Berdakwah

Siapa bilang kalo dakwah itu harus di mimbar? Enggak kok, dakwah itu bisa dilakukan di mana aja. Dengan rajin ngajak orang lain berbuat baik, sebenernya kita juga udah berdakwah loh. Hebatnya, dakwah gak cuma bermanfaat buat orang lain yang diajak melakukan kebaikan, tapi juga bermanfaat buat diri kamu biar bisa terus istiqamah.

 

Gimana? Gampang kan cara-caranya? Modal utamanya cuma niat yang kuat biar kamu bisa jadi pribadi yang lebih baik.

Selamat mencoba yah! [ANA]

1 comment

Leave a comment
  1. Librocubicularist

    May 21, 2018 at 8:13 am

    Wah tipsnya sederhana sebenarnya, tapi ya gitu jarang dilakuin. Thank you tipsnya kak

Leave a Comment