Tips Ampuh Untuk Mengendalikan Mood Saat Menulis

Tips Ampuh Untuk Mengendalikan Mood Saat Menulis

Hallo Sahabat Kreatif, hari ini kita akan membahas mengenai tentang mood. Aduh, kok bahasannya sekarang sensitif banget sih, Min? Hehehe, tenang, bahasan kali ini bukan tentang mood seputar perasaan dan percintaan, kok. Namun, kita akan membahas langkah-langkah apa saja yang dapat menaikkan mood ketika menulis. Nah, berikut ada beberapa tips untuk menaikkan mimin yang sudah mimin rangkum untuk kalian. Cekidot!!

1. Ingat Kembali tujuan Awal Menulis

Image source : https://www.penguin.co.uk

Ketika kita dilanda kemalasan saat menulis sebuah naskah atau mendadak badmood begitu saja tanpa ada sebab yang jelas, langkah yang harus kita lakukan adalah menenangkan diri. Ingat kembali apa sih, tujuan sebenarnya untuk menulis? Apakah tulisan itu ingin diterbitkan? Apakah kamu menulis untuk tugas sekolah, kuliah atau perlombaan? Apakah kamu menulis karena itu sumber penghasilanmu?

Coba perjelas lagi apa tujuan menulismu itu sebenarnya, dengan begitu kamu akan lebih fokus lagi untuk melanjutkan tulisan tersebut dikarenakan ada target yang akan dicapai di kemudian hari.

2. Lakukan Hal Postif yang Membawa Kesenangan

Image source : https://www.riaume.com

Cara terbaik lainnya agar mood menulis dapat terkendali adalah dengan melakukan hal-hal positif yang membawa kesenangan dalam diri. Contohnya seperti apa saja, Min? Kamu bisa melakukan hobi-hobi yang kamu senangi. Apakah itu menggambar, menyanyi, bermain musik, ataupun sekedar menonton televisi,

Kamu dapat menyingkirkan hal-hal yang membuat mood menulismu jelek dengan hobi-hobi tersebut. Bonusnya selain mood-mu kembali naik dan bagus, manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah munculnya ide-ide segar yang dapat membantu penyelesaian naskahmu tersebut.

3. Sharing dengan Sesama Teman Penulis

Image source : https://digest.bps.org.uk

Sharing dengan teman yang memiliki minat dan bakat yang sama, juga dapat mengembalikan mood-mu dalam menulis. Pasalnya, kamu bisa lebih leluasa menceritakan apa saja kendala atau masalah yang kamu hadapi seputar kepenulisanmu dengan beliau. Tujuannya, agar kamu bisa mendapatkan masukan dan saran yang dapat membangun kembali semangat menulismu.

Mimin juga sering melakukan hal ini kepada teman penulis Mimin yang lain. Ketika Mimin sedang down banget atau lagi galau yang membuat tulisan Mimin jadi jelek, solusinya adalah teman. Tapi, perlu kalian ketahui untuk memperhatikan kondisi dari teman kalian ya. Mengapa? Kalau kalian datang di saat yang tidak tepat atau misalkan teman kalian juga lagi dalam keadaan yang badmood, ujung-ujungnya masalah kalian tidak akan terselesaikan. Malah yang terjadi akan jauh lebih buruk dari sebelumnya. So, perhatikan juga kondisi dan keluangan waktu dari temanmu ya guys.

4. Bahagiakanlah Dirimu

Image source : http://www.gudangkesehatan.com

Biasanya turunnya mood dalam menulis atau bete untuk melanjutkan sebuah tulisan datang dari diri kamu juga loh? Seperti ketika kamu stress karena tugas sekolah yang menumpuk, atau galau karena gebetan yang kamu sukai malah jadian sama orang lain, atau ketika uang jajan bulanan kamu menipis padahal masih di awal bulan. Hal-hal serupa itu akan sangat menganggu dan membuat mood kamu jelek banget loh.

Berjalan-jalan menikmati udara segar, atau memandang indahnya pemandang adalah salah satu cara yang dapat membuat bahagia loh. Atau kamu juga bisa menciptakan kebahagiaan dengan cara kamu sendiri. Kenapa? Karena tentu saja dengan bahagianya kamu, semua aktivitas akan berjalan menjadi lancar, termasuk aktivitas menulis.

Nah, begitulah Sahabat Kreatif tips dari Mimin agar mood kamu bisa kembali bagus. Semoga tips dari Mimin bisa bermanfaat ya. Tetap semangat, meskipun hari Senin itu melelahkan, hihihi…

No comments yet. Be the first one to leave a thought.
Leave a comment

Leave a Comment